AplousMedika® Versi Web Base Server adalah suatu perangkat lunak Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit berbasis Multi Platform OS, yang dikembangkan untuk menangani Sistem Administrasi (Bussiness Process) dan Rekam Medis (Medical Record) yang merupakan suatu kesatuan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).
Sistem ini merupakan sistem solusi yang lengkap untuk Pelayanan Rumah Sakit, yang memiliki berbagai Poli, Instalasi dan Departemen. Sistem ini menangani mulai dari pasien masuk pelayanan rawat jalan, rawat inap dengan banyak departemen, konsultasi pasien lintas departemen, rawat pasien bersama beberapa departemen, mutasi pasien antar departemen dan hingga pasien pulang.
AplousMedika juga menyedikan modul yang berbeda untuk masing-masing pengguna. Tampilan yang mudah dan user-firendly akan memberikan pengalaman yang berbeda tetapi tetap nyaman bagi pengguna tanpa latar belakang Teknologi Informasi.
Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ini dapat berjalan dengan baik pada semua Sistem Operasi (Multi Platform Operating System) seperti: Windows, Linux, Apple Machintosh, termasuk juga Tablet PC maupun Mobile Phone. Mengakomodasi Sistem Proses backup Automatic antar Server (Redundant System), Mengakomodasi Sistem Proses Pembagian Beban Kerja antar Server (Paralel Compu,ng), Mengakomodasi Sistem Proses pooling data pada Sistem Layanan Awan (Private Cloud System) sehingga bisa diakses dimana saja, serta dukungan Komputasi bergerak dengan pemanfaatan media komunikasi Layanan Internet.
AplousMedika® ,Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Versi Web Base Server, merupakan suatu solusi yang memberikan informasi yang cepat, untuk pengaturan prioritas yang dibutuhkan dalam merencanakan dan membuat kebijakan dalam pelayanan di Rumah Sakit.
AplousMedika® Versi Web Base Server, dirancang oleh berbagai tenaga profesional di beberapa bidang yang berkaitan dengan Pelayanan sebuah Rumah Sakit dan Sistem Informasi. Dalam Tim ini terdapat berbagai ahli dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari Programmer, Pakar bidang Sistem Operasi Komputer, Dokter (termasuk dokter ahli), Sarjana Ekonomi, Sarjana Akuntansi, dan Master bidang Management.
Sistem ini dikembangkan dan diimplementasikan di 2 Rumah Sakit Pemerintah terbesar yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawa0 dan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan. Sistem ini sudah terbuk' dapat menghadapi kompleksitas pelayanan dengan jumlah pasien yang melebihi jumlah kapasitas Rumah Sakit.
Sistem ini juga sudah terintegrasi dengan sangat baik dengan Sistem Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Sistem verifikasi kepesertaan yang sudah tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga karena sudah tertanam langsung di dalam AplousMedika®
Sistem ini juga sudah terintegrasi dengan sistem penagihan JKN yang menggunakan sistem Indonesia Case-Based Group (INA-CBGs).
MODUL
DAN FITUR
A.
MODUL PENDAFTARAN
Modul ini berfungsi sebagai Pencatatan Kedatangan Pasien pada Unit Rawat Jalan, Rawat Inap ataupun Gawat Darurat. Aplikasi ini dapat dihubungkan dengan Aplikasi Antrian Pasien yang ditawarkan secara terpisah.
Modul ini bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan yang dapat mengakomodir Jenis Pelayanan:
• Registrasi Sentralisasi
• Registrasi Pooling
• Registrasi Desentralisasi
Modul ini bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan yang dapat mengakomodir Jenis Pelayanan:
• Registrasi Sentralisasi
• Registrasi Pooling
• Registrasi Desentralisasi
B. MODUL BILLING
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT JALAN
Fasilitas :
• Pencetakan Tagihan Layanan Pemeriksaan.
• Status Pasien, secara otomatis menyesuaikan dengan tarip pada ruang rawat (poli) dengan masing-masing kategori pasien.
• Cetak Laporan Pendapatan pada masing-masing Departemen.
• Cetak Laporan Verifikasi Jasmkesmas, Jamkesda, BPJS.
• Cetak SEP (Surat Eligibilitas Peserta) Rawat Jalan (tergantung perjanjian sebelumnya)
• Breakdown Tarip Jasa Pelayanan dan Jasa Sarana.
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT DARURAT
Fasilitas :
• Labeling berdasarkan status kedaruratan penderita (Triage)
• Pencetakan Retribusi Layanan Pemeriksaan Rawat Darurat, Status Pasien, secara otomatis menyesuaikan dengan tarip masing-masing kategori pasien.
• Pencatatan Jasa Tindakan dokter, perawat, asisten selama Pasien di-UGD/IGD
• Cetak Karcis Pelayanan Rawat Darurat secara otoma6s pada form Registrasi Pasien UGD/IGD
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT INAP
Fasilitas :
• Mencetak tanda bukti, Pembayaran Pasien Pulang (Rawat Inap)
• Pembagian Pendapatan dapat dialokasi sampai sub yang lebih detail seperti jasa sarana, jasa
pelayanan dan lain-lain
• Mendukung multi kategori pasien, sehingga pembiayaan dapat diorganisir pada golongan tunai maupun piutang untuk pasien kerjasama
• Mendukung penentuan tarip .ndakan berdasar kelas perawatan pasien
• Mendukung sistem penanganan mul, petugas medis, seper, ,ndakan operasi yang bisanya
dilakukan lebih dari satu petugas
• Mendukung sistem pelaporan pendapatan petugas medik secara periodik
• Pencatatan jasa tindakan dokter, perawat, asisten selama pasien di rawat inap
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT JALAN
Fasilitas :
• Pencetakan Tagihan Layanan Pemeriksaan.
• Status Pasien, secara otomatis menyesuaikan dengan tarip pada ruang rawat (poli) dengan masing-masing kategori pasien.
• Cetak Laporan Pendapatan pada masing-masing Departemen.
• Cetak Laporan Verifikasi Jasmkesmas, Jamkesda, BPJS.
• Cetak SEP (Surat Eligibilitas Peserta) Rawat Jalan (tergantung perjanjian sebelumnya)
• Breakdown Tarip Jasa Pelayanan dan Jasa Sarana.
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT DARURAT
Fasilitas :
• Labeling berdasarkan status kedaruratan penderita (Triage)
• Pencetakan Retribusi Layanan Pemeriksaan Rawat Darurat, Status Pasien, secara otomatis menyesuaikan dengan tarip masing-masing kategori pasien.
• Pencatatan Jasa Tindakan dokter, perawat, asisten selama Pasien di-UGD/IGD
• Cetak Karcis Pelayanan Rawat Darurat secara otoma6s pada form Registrasi Pasien UGD/IGD
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT INAP
Fasilitas :
• Mencetak tanda bukti, Pembayaran Pasien Pulang (Rawat Inap)
• Pembagian Pendapatan dapat dialokasi sampai sub yang lebih detail seperti jasa sarana, jasa
pelayanan dan lain-lain
• Mendukung multi kategori pasien, sehingga pembiayaan dapat diorganisir pada golongan tunai maupun piutang untuk pasien kerjasama
• Mendukung penentuan tarip .ndakan berdasar kelas perawatan pasien
• Mendukung sistem penanganan mul, petugas medis, seper, ,ndakan operasi yang bisanya
dilakukan lebih dari satu petugas
• Mendukung sistem pelaporan pendapatan petugas medik secara periodik
• Pencatatan jasa tindakan dokter, perawat, asisten selama pasien di rawat inap
C.
MODUL REKAM MEDIK
Modul ini menangani pencatatan data
medis pasien guna keperluan informasi riwayat kesehatan pasien dan juga untuk
keperluan evaluasi manajemen
D.
MODUL INSTALASI FARMASI
Menangani
masalah transaksi obat rawat jalan, rawat inap, rawat darurat maupun pembelian
bebas, Kartu stok obat per Gudang, mutasi dengan mul5 gudang, hingga penyesuai
stok akibat obat rusak atau hilang, semua tercatat dan terlaporkan. Dafar Kode
Obat berbasis ISO.
E.
MODUL SARANA PENUNJANG
MODUL SARANA PENUNJANG
LABORATORIUM
Modul ini
berfungsi untuk menampung dan mencatat hasil dari pemeriksaan Laboratorium
dengan hasil yang bisa secara otoma1s membandingkan langsung dengan nilai
normal parameter 1ap-!ap pemeriksaan laboratorium, sehingga hasil pemeriksaan
Laboratorium sudah siap cetak. Hasil Laboratorium dapat langsung ditarik dari
mesin yang sudah mendukung protokol pertukaran data digital.
MODUL SARANA PENUNJANG
RADIOLOGI
Modul ini
berfungsi untuk menampung dan mencatat hasil dari pemeriksaan Radiologi dengan
hasil yang bisa secara otoma/s membandingkan langsung dengan nilai normal
parameter /ap-!ap pemeriksaan laboratorium, sehingga hasil pemeriksaan
radiologi sudah siap cetak, berdasarkan template pemeriksaan hasil diagnosis.
Hasil Radiologi dapat langsung ditarik dari mesin yang sudah mendukung protokol
pertukaran data digital.
MODUL SISTEM KEUANGAN
Modul ini berfungsi untuk menampung
dan mencatat seluruh transaksi pada rumah sakit untuk menghasilkan pelaporan
pada level manajemen secara cepat dan akurat.
RINCIAN
APLIKASI :
1.
Terintegrasi secara penuh dengan sistem akuntansi standar
2.
Mendukung pencatatan transaksi Kas Masuk dan Kas Keluar dengan laporan
pendukungnya
3.
Mendukung pencatatan Hutang dan Piutang dengan laporan
pendukungnya seper2 Hutang Piutang Jatuh Tempo, Histori Pelunasan Hutang
Piutang, Saldo Hutang Piutang
4.
Dukungan Jurnal Otoma/s dan Manual
5.
Sistem pelaporan Real /me sehingga laporan dapat
diproses dan dicetak sewaktu-waktu tanpa menunggu proses tutup buku
6.
Laporan Jurnal Harian, GL, Neraca Saldo, Laba Rugi, Neraca dan Analisa
Keuangan
RINCIAN
APLIKASI :
1.
Pencatatan data sosial pasien, data morbiditas dengan
pedoman sistem informasi rumah sakit
2.
Master ICD yang bisa disesuaikan dengan ICD yang berlaku saat itu ICD
10 atau ICD 11
3.
Pencatatan Master ICD sampai batas level tak terhingga
4.
Pengisian diagnose (ICD dan DTD) pasien dapat dengan
mudah dilakukan pada kolom pencarian dengan otoma.s sesuai dengan diagnose
masing-masing ruang rawat
5.
Penyesuaian ICD dan DTD pada 0ap-!ap ruang rawat dapat
dilakukan sendiri oleh petugas dengan mudah
6.
Pencatatan No Rekam Medis Pasien Rawat Jalan secara otomatis
7.
Pencatatan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan sesuai
dengan asuhan keperawatan SOAP (Subjective Objective Assesment Planning) untuk
mencatat Therapy Pasien
8.
Pencatatan data sosial pasien, data morbiditas dengan
pedoman sistem informasi rumah sakit
9.
Pencarian Riwayat Kunjungan Pasien yang pernah
dilakukan Pasien pada masing-masing Poli Rawat Jalan
10.
Pengolahan Data Status Pasien hingga level RT, RW (Data Sensus Pasien)
11.
Tracking System Status Rekam Medik Pasien
12.
Layanan pelaporan standart Departemen Kesehatan
13.
Menghasilkan pelaporan manajemen seper, BOR, LOS, BTO, TOI dll.
14.
Layanan Laporan RL2a, RL2b, Register Pelayanan Pasien Rawat Jalan,
Analisa Wabah
15.
Layanan Laporan-laporan (RL2.1, RL2.2, RL2.3) untuk Rawat Inap
PENAWARAN KERJASAMA
Demikian penjelasan aplikasi sistem informasi manajemen rumah sakit berbasis web, beserta keterangannya telah kami sampaikan. Adapun dalam penawaran kami tersebut, masih terbuka ruang untuk negosiasi. Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk mengajukan penawaran ini dan berharap agar dapat bertemu dan menjelaskan isi dari produk kami dan berharap dapat berlanjut menjadi sebuah kerjasama yang harmonis. Proposal sistem informasi rumah sakit bisa kami kirimkan ke alamat email anda.
CP : 081513609404